Senin, 03 April 2023

Pelaksanaan Akreditasi MIS Mathlaul Anwar Tahun 2023

Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Jawa Barat melakukan visitasi di MIS Mathlaul Anwar selama dua hari, yaitu pada tanggal 3-4 April 2023.

Kehadiran Tim Asesor H. Edi Mulyana.M.Pd dan Drs. H. Wahyuto. MT disambut Kepala Madrasah, dewan guru serta pegawai madrasah setempat dalam susana cuaca yang sangat cerah.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang dipandu salah seorang guru, Halimatussyadiyah, S. Pd yang kemudian dilanjutkan dengan  sambutan PLT Kepala Madrasah.

Dalam sambutannya, Akhmad Muhibudin, S.E. mengucapkan selamat datang kepada TIM Asesor yang melakukan visitasi ke MIS Mathlaul Anwar  yang merupakan madrasah di lingkungan Kemenag Bogor yang berkesempatan divisitasi pada tahap ke-1 tahun ini.

“Selamat datang, hari ini penuh rasa bahagia dan senang hati atas kedatangan bapak-bapak Asesor Akreditasi di MIS Mathlaul Anwar  dalam rangka visitasi dan silaturahmi serta siap memberikan arahan dan bimbingan. Mohon maaf jika dalam penyambutan hingga proses penilaian terdapat banyak kekurangan, semoga kunjungan visitasi selama dua hari berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

Pak Muhib sapaan akrab PLT Kepala MIS Mathlaul Anwar  dalam kesempatan itu juga menuturkan, segala yang dilaksanakan di lembaga pendidikan yang dipimpinnya ini, semua terlibat dalam kebersamaan berbagai hal, baik itu guru dan pegawai yang berstatus PNS maupun honorer.

Dirinya mengibaratkan, sebuah perjalanan jauh yang diisi dengan kebersamaan pasti akan terasa singkat dan menyenangkan. Dengan kebersamaan membuat diri kita bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Demikian pula halnya dalam memimpin sebuah madrasah untuk menuju pencapaian visi dan misi, laksana mengemudikan sebuah bahtera menuju ke sebuah pulau harapan.

“Kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya, semua pihak telah menunjukkan kerjasama yang baik dalam proses visitasi akreditasi ini," ujar Pak Muhib.

Sementara Tim Asesor H. Edi Mulyana.M.Pd, menyampaikan terimakasih atas sambutan pihak madrasah. Kunjungan atau visitasi ke MIS Mathlaul Anwar untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi yang telah diupload di aplikasi Sispena 2.0, terang Edi.

"Kegiatan visitasi ini dilakukan  dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu sekolah/madrasah," tambahnya.

Hal senada juga diutarakan Drs. H. Wahyuto. MT, sembari menyebutkan, bahwa proses visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri.

Asesor menemui PLT kepala madrasah dan warga lembaga untuk menyampaikan tujuan visitasi. Kemudian asesor membandingkan data instrumen evaluasi diri yang sudah diupload di sispena dengan kondisi nyata madrasah melalui pengamatan, observasi kelas, wawancara, dan pencermatan ulang data pendukung serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Selanjutnya, tim asesor didampingi PLT kepala madrasah Pak Muhib melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian, apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat dan dipersiapkan. Kemudian, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data serta sarana pendukung lainnya.

Pada hari kedua, Tim Asesor selain mewawancarai kepala madrasah, guru dan murid, juga ikut mewawancarai Komite Madrasah dan perwakilan orangtua/wali murid.

PLT Kepala Madrasah, menyampaikan rasa syukur serta Alhamdulillah, karena pelaksanaan akreditasi berjalan lancar tidak ada kendala berat yang dihadapi. Itu semua berkat Kepala Madrasah, guru-guru, para staf dan juga para siswa/siswi MIS Mathlaul Anwar yang telah bekerja mengemban tugas dengan maksimal sehingga pelaksanaan akreditasi berjalan dengan lancar.

SELAYANG PANDANG MIS MATHLAUL ANWAR TAPOS 2


DOKUMENTASI PELAKSANAAN AKREDITASI TAHUN 2023




































 
bloging tips