Rabu, 11 Oktober 2023

Siswa-Siswi MI Mathlaul Anwar Sukses Ikuti AKMI 2023

Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Anwar sukses melaksanakan ujian Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada Rabu & Kamis tanggal 4-5 Oktober 2023.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Anwar Akhmad Muhibudin, S.E. mengatakan bahwa Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MI Mathlaul Anwar merujuk pada Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2023. Kompetensi yang diujiakan adalah literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

“Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah evaluasi yang dilakukan kepada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya. Dari evaluasi ini dihasilkan informasi penting untuk perbaikan pembelajaran di madrasah”. Katanya.

Diketahui bahwa AKMI merupakan asesmen yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Sementara itu, guru pengawas ujian AKMI, Siti Jamilah, S. Pd.I mengatakan, “Siswa kelas 5 (lima) yang mengikuti ujian AKMI berjumlah 21 siswa pada gelombang dua dan dibagi dua sesi. Pelaksanaan AKMI selama 2 hari berjalan lancar tanpa ada kendala serius. 

Menurut Proktor AKMI, Nurul Hikmah, bahwa siswa mengerjakan soal seluruhnya menggunakan laptop. Alhamdulillah jaringan internet terbilang stabil dan pelaksanaan berjalan dengan lancar….




 
bloging tips