Sabtu, 17 Maret 2018

Memupuk Keunggulan Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Tapos 2

Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Tapos 2 yang terletak di kawasan Desa Tapos 2 Tenjolaya Bogor Jawa Barat merupakan wadah atau tempat belajar ilmu-ilmu ke Islaman dan ilmu pengetahuan ke ahlian lainnya. Madrasah ini juga merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki kiprah panjang dalam dunia pendidikan di Desa Tapos 2 ini.

Diakui, kalau menimba ilmu pendidikan di SD sangat berbeda dengan madrasah ibtidaiyah (MI), yakni terletak di mata pelajaran. Kalau di madrasah di bidang agama ada 5 mata pelajaran yaitu Aqidah Akhlaq, Qur’an Hadist, Fikih, Sejarah Kebudayaan Indonesia (SKI), dan Bahasa Arab. Ke 5 mata pelejaran tersebut masuk dalam ujian nasional. Kemudian pendidikan di sekolah madrasah lebih ditekankan pada akhlaqnya atau perilaku siswa. Sementara itu jumlah mata pelajaran seperti di Madrasah Mathlaul Anwar Tapos 2 sebanyak 16 mata pelajaran.

Aang Abdul Hakim, A. Md. Salah seorang guru pengajar di sekolah tersebut menjelaskan, mata pelajaran Akhlaq sangat berkesinambungan dengan Hadist, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam di luar mata pelajaran bahasa Arab. Kemudian untuk prakteknya semua siswa harus bisa Hafalan Hadist, Sholat, Baca Ayat Suci Al-Qur’an, dan percakapan dengan menggunakan Bahasa Arab.

Selain itu juga kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari adalah melaksanakan sholat berjamaah Dzuhur dan Ashar sekali-kali menjalankan sholat Dhuha.

Bagaimana dengan eskulnya? Menurut Aang Abdul Hakim, A. Md, kegiatan eskulnya seperti Pramuka, Nasid, Rabana bahkan pernah meraih berbagai prestasi, juara 2,3 dibidang kesenian Nasid, Cerdas cermat juara 2, juara 2 tenis meja putra, puitisasi dan juara rabana masih banyak lagi prestasi sekolah yang pernah di hasilkan.

Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Tapos 2 yang sekarang dipimpin Ibu Nengsih, S.Pd. nampaknya terus melakukan berbagai pembenahan, terutama pembenahan bangunan gedung sekolah.

Ibu Nengsih, S.Pd. sangat berharap kepada Departemen Kementrian Agama Kabupaten Bogor agar kiranya bisa membuka hati untuk memperhatiakan sarana dan prasarana di sekolah khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Tapos 2.


 
bloging tips