Sabtu, 28 Mei 2016

Doa Saat Mengikut Test, Ulangan, Ujian Agar Lancar dan Lulus

Selain belajar, kita juga dianjurkan untuk berdoa ketika mengikuti ulangan, test atau ujian agar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal test, ulangan atau ujian serta diberi kelulusan. Nah, bagi adik-adik yang kebetulan ingin mengikuti ujian, test atau ulangan jangan sungkah-sungkan untuk selalu belajar, tetap semangat untuk terus belajar serta berdoa agar diberi pikiran yang terang sehingga mudah untuk berfikir.
 

Berikut ini adalah kumpulan doa-doa agar lulus ujian, ulangan, test yang dapat diamalkan ketika mengikutinya. Semoga dengan mengamalkan doa ini, adik-adik semua diberi kelancaran dalam mengerjakan soal-soal ulangan, ujian/test. Amin. Berikut doa selengkapnya dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya

Doa saat mengikuti ulangan, test atau ujian agar lulus dan lancar
Ilustrasi: Belajar dan Berdoa saat Ingin Mengikuti Ujian/Ulangan/Test

Doa agar diberi kemudahan (Mengikuti Ujian)

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.
Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

Doa Nabi Musa ‘Alaihis Salam untuk Kelancaran Lisan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII
Artinya :
“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

Doa Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

RABBI ZIDNII ‘ILMAA
Artinya :
“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114)


Itulah beberapa doa-doa saat ingin mengikuti ulangan, test atau ujian lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Jangan lupa pula untuk tetap belajar, karena berdoa saja tidaklah cukup, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu belajar dan berdoalah agar dimudahkan saat mengikuti ujian serta mendapat kelulusan.

Sumber Referensi :
* fimadani.com

 
bloging tips